
Oleh BAPAK JULIUS KARDINAL DARMAATMADJA, SJ
Asal–usul
Judul di atas berasal dari tema Komisi Komsos Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) tahun 2022 ini, sesuai pesan Paus Fransiskus untuk Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-56. Biasanya Komisi Komunikasi Sosial (Komsos) KWI mengadakan Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) pada bulan Mei, yaitu pada hari Minggu Paskah VII. PKSN digelar dengan selebrasi megah di satu keuskupan yang ditunjuk selama sepekan.
Karena ada pandemi Covid-19 sejak tahun 2020, konsep perayaan tersebut pun dirancang secara daring dengan nama baru yaitu Perayaan (bukan Pekan) Komunikasi Sosial Nasional. Seluruh 37 keuskupan diikutsertakan. Untuk tahun 2022, PKSN telah dimulai pada awal bulan Februari yang lalu. Kegiatan ini hendak melibatkan pegiat komunikasi sosial dan para pewarta iman dari 37 keuskupan di Indonesia. Ada bermacam-macam kegiatan. Sejak awal bulan Februari diumumkan beberapa lomba seperti lomba cipta lagu, lomba konten kreatif digital yang terdiri dari lomba caption, Reels Challenge, This or That. Demikian pula, ada kompetisi foto dan My Next Door Hero.
Kegiatan yang lain adalah lomba dan pendampingan film pendek, lomba dan pendampingan podcast pewartaan, lomba dan pendampingan menulis feature sejarah, lomba dan pendampingan menulis artikel di media massa, dan komsoslympics.
Perayaan ekaristi online akan diadakan pada Hari Komsos tanggal 29 Mei 2022. Demikian juga serial webinar yang mengangkat dan merefleksikan pesan Paus. Yang tidak kalah menarik adalah lomba cipta lagu pesan Paus, karena pesan Paus memang mendasari seluruh kegiatan PKSN tahun ini. Dengan kegiatan-kegiatan ini, Komsos KWI ingin menyebarkan dan menganimasi umat dan masyarakat tentang pesan Paus untuk hari Komunikasi Sosial Sedunia.